Matematika Teknik vs Kalkulus

Perbedaan Matematika Teknik dan Kalkulus

It’s not a big deal, but…

Ketika melihat susunan kurikulum sebuah jurusan di sekolah tinggi/universitas/akademi/politeknik, kadang kita menemukan mata kuliah Matematika Teknik atau Kalkulus. Pernahkah anda bertanya apa bedanya? Saya pernah penasaran dengan perbedaan antara keduanya. Tapi kemudian terjawab oleh saya sendiri, dengan pemahaman saya sendiri juga (jadi mungkin dapat diragukan).

Jika anda melihat buku acuan kuliah matematika teknik, misalnya karangan KA Stroud, anda akan melihat bahwa seolah-olah semua hal yang berkaitan dengan matematika ada disana. Contohnya materi matriks, limit dan integral, hingga statistik dan probabilitas. Padahal seingat saya ketika saya kuliah di Matematika murni, ketiga materi tersebut ada dalam bidang konsentrasi yang berbeda.

Matematika teknik memang mengajarkan materi-materi praktis matematika. Sedangkan dalam Kalkulus, inti bahasan yang disampaikan adalah mengenai limit dan integral. Materi Kalkulus dimulai dari pengenalan konsep bilangan riil dan himpunan, dengan tujuan akhir untuk mencapai pemahaman di bidang limit dan integral.CMIIW

(Kebingungan ketika membuat matriks kaitan antara kompetensi dan bahan kajian dalam penyusunan kurikulum berbasis kompetensi, padahal saya awam dalam hal tersebut)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *