Seminar Parenting: Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Smartphone oleh Anak

Pada hari Sabtu, 29 Januari 2017 ST3 Telkom Purwokerto menyelenggarakan acara seminar parenting dengan tema Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone oleh Anak. Peserta seminar parenting tersebut adalah orang tua/ wali murid siswa-siswi TK/SD Al Isyah Purwokerto, sedangkan pembicara merupakan dosen ST3 Telkom Purwokerto, diantaranya adalah saya.
Seminar parenting ini terlaksana sebagai wujud kepedulian para orang tua terhadap pengaruh negatif dari keterbukaan informasi pada masa sekarang. Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat baik dari sisi perangkat keras maupun lunak. Perkembangan ini tidak hanya mempengaruhi gaya hidup masyarakat, baik orang tua, muda namun juga anak-anak. Anak-anak pada masa sekarang ikut merasakan akses informasi yang terbuka lebar dalam bentuk digital. Hal ini perlu diimbangi dengan peran kontrol dari orang tua mengingat informasi jaringan global (internet) dapat mengandung konten yang belum sesuai dikonsumsi anak-anak.

Orang tua sebagai role-model bagi anak-anak mereka selayaknya dapat memberikan contoh bagaimana pemanfaatan gadget terutama yang dibahas dalam seminar ini adalah penggunaan smartphone. Selain contoh role-model dari orang tua, peran orang tua dalam mengontrol aktifitas penggunaan smartphone juga diperlukan. Kontrol dapat berupa kontrol bersifat langsung misalnya pemberian jadwal penggunaan smartphone, kesepakatan anak-orang tua dalam penggunaan smartphone maupun pendampingan orang tua selama anak beraktifitas menggunakan smartphone. Kontrol secara tidak langsung dapat berupa pemanfaatan perangkat lunak parenting-kontrol.

Perangkat lunak parenting kontrol yang dicontohkan dalam seminar ini adalah Kakatu dan Kaspersky Safe Kids. Kakatu merupakan aplikasi kontrol yang dipasang di smartphone anak untuk mengontrol aktifitas penggunaan smartphone. Kaspersky Safe Kids memiliki fitur yang sedikit berbeda dengan Kakatu yaitu Kaspersky Safe Kids memungkinkan orang tua melakukan kontrol secara remote terhadap smartphone anak. Kaspersky Safe Kids dapat dipasang di smartphone anak dan juga smartphone orang tua, selanjutnya orang tua dapat melakukan kontrol dan memonitor aktivitas penggunaan smartphone anak melalui smarphone yang dimiliki orang tua. Kedua aplikasi diatas memiliki edisi bersifat free (tidak berbayar). Namun apabila memerlukan fitur lebih canggih, Kaspersky Safe Kids edisi berbayar memiliki kelebihan dapat merekam aktifitas telepon dan SMS dari smartphone anak.

Acara ini disertai dengan pengenalan ST3 Telkom Purwokerto kepada orang tua murid. Pengenalan dilakukan oleh Tim PMB St3 Telkom Purwokerto. Hal ini diharapkan dapat mengenalkan ST3 Telkom Purwokerto kepada masyarakat luas. Di akhir acara, pihak SD Al-Isyah menyerahkan kenang-kenangan kepada ST3 Telkom Purwokerto dan pembicara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *