Belajar Menyambung Fiber Optik dengan Media Belajar Berbasis Augmented Reality

Topik fiber optik dituangkan dalam mata kuliah Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) yang dipelajari oleh mahasiswa program studi S1 Teknik Telekomunikasi.  Salah satu materi praktikum dalam SKSO memuat tentang langkah-langkah penyambungan serat optik menggunakan alat Fusion Splicer yang tergolong sebagai alat praktikum yang cukup mahal, dengan harga kisaran 80 juta rupiah ke atas per alat. Sehingga mahasiswa hanya dapat mempelajari cara kerja alat tersebut di laboratorium. Apabila tersedia sebuah media yang mampu menampilkan cara kerja dengan Fusion Splicer maka dapat menjadi bahan belajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa diluar laboratorium.

Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan cara kerja suatu alat adalah teknologi Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi untuk menampilkan penggabungan konten yang dibangkitkan oleh komputer dengan tampilan video (live video) dunia nyata secara real time. Konten yang dibangkitkan dapat berupa model tiga dimensi. Model tiga dimensi memungkinkan sebuah objek ditampilkan dalam bentuk mendekati aslinya sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman (user experience) seolah-olah sedang melihat objek asli.

Pada semester Genap 2015/2016 saya berkolaborasi dengan rekan saya Pak Eko Fajar Cahyadi, seorang dosen Program Studi S1 TT dengan spesialisasi Komunikasi Serat Optik, mencoba membuat proposal penelitian dengan skema Penelitian Dosen Pemula untuk tahun ajuan 2016. Semoga proposal penelitian tersebut dapat lolos pendanaan dari RISTEKDIKTI sehingga penelitian ini dapat berlanjut memberikan output sebuah media belajar penyambungan serat optik berbasis Augmented Reality (AR).

Bagi anda yang ingin mengenal AR dan teknis pembuatannya, dapat membaca beberapa posting blog saya di:

Mobile Augmented Reality dengan Metaio SDK untuk Android [Getting Started]



My First Multi Marker Multi Collada (PV3D)



in2AR versi 2



Mencoba Membangun AR Menggunakan D’Fusion Studio – Total Immersion


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *